Catatan Rilis LangitKetujuh 20220710

Catatan Rilis LangitKetujuh 20220710

Alhamdulillah setelah beberapa bulan, kami dapat merilis LangitKetujuh lagi dengan banyak pembenahan dan fitur baru. Berikut ini daftar perubahan dan catatan rilis pada versi 20220710.

Perubahan nama edisi

Perubahan nama edisi lite menjadi edisi home. Perubahan ini dikarenakan lite identik dengan nama distro yang memiliki ukuran iso yang ringan (lightweight), seperti puppylinux, linux lite, tiny core, dan lain-lain. Padahal edisi lite sendiri memiliki ukuran iso yang tidaklah ringan, yaitu sekitar 3GiB lebih. Sehingga kami mengganti nama edisinya sesuai dengan fungsi penggunaan. Edisi studio untuk keperluan profesional/studio sedangkan edisi home untuk kebutuhan standar/rumahan. Terbesit juga kata reguler, basic, core, dan simple. Setelah diriset nama edisi home yang lebih sesuai.

Untuk pengguna Studio, silakan mengisi form kirim ulang agar mendapatkan edisi Studio yang terbaru.

Ikon desktop installer Install to Disk sudah ada di menu. Pengguna hanya sekali klik, lalu menuju ke installer. Installer juga sudah mendukung btrfs untuk memountpoint @subvolume /.

Menu Install LangitKetujuh

Fish-shell

Perintah fish-shell sudah tidak menggunakan singkatan (abbreviation) lagi. Sebelumnya jika mengetikkan get maka akan berubah menjadi doas xbps-install, tetapi sekarang tidak berubah. Perintah-perintah lain seperti remove, update, upgrade, list, repo, info sudah bisa langsung digunakan. Ada perintah yang diganti seperti update diganti ke upgrade, sync diganti ke update, repolist diganti ke repo. Fungsi tersebut juga mendukung di bash-shell dan bisa dijalankan di pengguna root tanpa harus menggunakan doas.

Dalam penggunaan get juga ditambahkan parameter -S, sehingga otomatis akan menyinkronkan dengan repodata terbaru sehingga tidak perlu menjalankan update terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan pengguna baru yang masih belum tahu kalau untuk memasang aplikasi harus memperbarui repodata yang kedaluwarsa agar tidak error.

Plasma vault

Menambahkan fitur plasma-vault beserta dukungan enkripsi cryfs, encfs, dan gocryptfs. Plasma vault berguna untuk menyimpan berkas yang bersifat rahasia dan penting. Plasma vault sudah terkonfigurasi bersama widget systray di bagian panel. Di percobaan kami, plasma-vault akan menambah penggunaan ram jika membuat enkripsi untuk pertama kalinya.

Corectrl

Menambahkan corectrl untuk mengontrol hardware core cpu dengan mudah. Corectrl berguna untuk memaksimalkan cpu dengan mode performa ketika menjalankan software tertentu. Misalnya dengan menambahkan profil kdenlive, blender3d, godot, krita, dan game sekalipun. Selain mode performa, secara bawaan menggunakan mode powersafe untuk menghemat baterai jika menggunakan laptop.

Skanpage

Menambahkan skanpage sebagai pengganti dari skanlite serta dapat melakukan scanning dengan banyak halaman (multipage).

Skanpage LangitKetujuh

LangitKetujuh menu

Beberapa pintasan menu LangitKetujuh ditambahkan untuk memudahkan pengguna jika ingin menuju ke halaman situs utama, komunitas, panduan, dan kontribusi.

Menu LangitKetujuh

Dukungan Flatpak

Pembenahan menu aplikasi dengan flatpak. Sebelumnya belum kompatibel sehingga menyalin ikon desktop satu-persatu. Sekarang aplikasi flatpak otomatis terdeteksi di menu.

Repositori

Menghapus void-repo-nonfree, sehingga hanya menggunakan 2 server saja dan lebih cepat saat sinkronisasi repo data. Untuk pemasangan perangkat lunak yang membutuhkan repo nonfree seperti nvidia, canon, brother, sudah dijelaskan pemasangannya melalui halaman panduan.

Pipewire audio

Fix suara untuk pengguna non admin (akun standar). Pipewire sebelumnya hanya bisa diakses oleh akun dengan grup wheel (pengguna dengan akses administrator). Sekarang pengguna standar yang bukan sebagai administrator dapat mengaktifkan suara dengan pipewire.

Widget

Menghapus widget memori dan cpu di panel. Alasannya untuk menghemat 100-300mb pemakaian memori di mesin dengan spesifikasi rendah.

Edisi Studio

Carla & Cadence

Beberapa aplikasi ditambahkan untuk kebutuhan audio production: carla, cadence, calf dan jack_recorder. Terutama digunakan untuk kebutuhan podcast secara profesional dengan JACK audio connection kit.

Carla LangitKetujuh

Goxel voxel editor

Menambahkan Goxel 3D voxel editor (goxel). Goxel kompatibel dengan blender dan godot dengan format gitf, yang mana gitf merupakan ekstensi format 3D yang terbuka sehingga memudahkan untuk lintas software.

Goxel LangitKetujuh

OpensCAD

Menambahkan openscad untuk parametrik CAD 3D dengan functional programming. Hasil ekspor objek bisa dicetak dengan 3d printer.

OpensCAD LangitKetujuh

Perubahan selengkapnya ada dihalaman roadmap . Perubahan tersebut memang ada perencanaan untuk menggunakan sesi wayland sebagai sesi desktop utama. Tetapi setelah dilakukan beberapa pengujian, LangitKetujuh masih belum siap untuk menggunakan wayland. Beberapa software GUI masih belum berfungsi dengan baik jika menggunakan wayland. Misalnya ssr hasil rekam blank, libwacom yang masih ditemui bug kursor, kcm-wacom yang hanya mendukung x11 saja, hugin yang tidak merespon, dispcalgui, screenkey yang tidak tampil output, dan pickcolor yang tidak dapat mengambil sampel warna. Alhasil, LangitKetujuh masih tetap menggunakan X11.

Barakallahu fiikum.

Ahlan wa sahlan

Dialihkan ke layanan yang tersedia

Pesan Telegram
6282131146131
Pesan WhatsApp
6282131146131
Kami insyaAllah online pada jam: 07.00-20.00 WIB (GMT+7)
×
Butuh Bantuan?