Rilis baru LangitKetujuh 20221205

Rilis baru LangitKetujuh 20221205

LangitKetujuh OS?

LangitKetujuh atau L7 adalah distribusi GNU/Linux untuk desainer, ilustrator, animator, penerbitan, fotografer, arsitek, font kreator, sinemator, game desainer dan untuk pengguna yang masih baru mengenal GNU/Linux. Distribusi ini berdasarkan dari void linux yang menggunakan runit init , KDE Plasma lingkungan desktop, model pembaruan stabil rilis bergulir dan terdapat pustaka C yang efisien dengan musl libc .

Alhamdulillah kami dapat merilis LangitKetujuh dengan banyak pembenahan dan fitur baru. Berikut ini daftar perubahan dan catatan rilis pada versi 20221205.

Pemasang ke diska

Pemasang LangitKetujuh dengan langitketujuh-install menggunakan tampilan antarmuka terminal (TUI) sehingga pengguna baru yang baru mengenal akan kesulitan jika info kurang diberikan. Seperti tipe disk yang digunakan menggunakan gpt ataukah dos, partisi yang dibutuhkan berapa saja, file system apa yang disarankan, apakah menggunakan /boot ataukah /boot/efi. Semuanya akan membingungkan jika pengguna awam masih baru memulai dengan distro linux.

Akan tetapi di rilis kali ini cukup memudahkan pengguna dengan memberikan informasi perangkat yang terkait. Sekaligus otomatis memilih pemasangan local sebagai sumber berkasnya (sebelumnya ada pilihan Local/Network).

Installer LangitKetujuh

Installer LangitKetujuh

Tema layout baru

LangitKetujuh terdapat 3 jenis tema layout yang berbeda. Yaitu LangitKetujuh sebagai tema bawaan, LangitKetujuh Plus yang mirip seperti windows 11, dan LangitKetujuh Unity yang memiliki layout seperti Ubuntu dengan lingkungan desktop Unity.

Pengguna dapat menggantinya dengan cara masuk ke pangaturan sistem > Appearance > Global Theme > Pilih tema dan layout sesuai keinginan. Aktifkan juga Desktop and Window layout.

Global Theme LangitKetujuh

Tampilan wallpaper

Ide dasar wallpaper baru LangitKetujuh yaitu kaca dan garis cahaya biru silau dengan warna hitam malam dibaliknya. Meskipun terlihat sederhana, pembuatan wallpaper tersebut sekitar hampir setengah hari hingga jadi. Semuanya 100% dibuat dengan inkscape pengolah grafis berbasis vektor.

Wallpaper LangitKetujuh

Webapp manager

Aplikasi baru yang kami tambahkan salah satunya webapp-manager yang dimana pengguna memungkinkan untuk membuat web aplikasi sesuai keinginan. Misalnya sosial media dan surel yang tidak ada aplikasi untuk desktop.

Selengkapnya, pengguna dapat merujuk ke halaman panduan webapp manager .

Webapp Manager LangitKetujuh

QOwnNotes catatan markdown

Berguna untuk membuat catatan yang menggunakan format markdown. Tentunya format markdown tersebut dapat juga di ekspor ke pdf dengan hasil yang sama seperti di browser.

QOwnNotes LangitKetujuh

Plasma widget

Menambahkan beberapa addons baru lainnya di repo seperti plasma-clearclock sebagai jam desktop yang indah, plasma-minimalistclock jam yang sederhana, plasma-atmosphere sebagai audio meditasi agar pengguna lebih tenang, plasma-fokus dengan konsep pomodoro agar lebih fokus, plasma-dittomenu & plasma-onzemenu menu seperti windows 11 dan plasma-translator untuk menerjemahkan kata/kalimat dari bahasa asing atau sebaliknya.

Paket plasma widget tersebut pengguna harus memasangnya manual dengan get.

Clearclock LangitKetujuh

Translator LangitKetujuh

Fastfetch informasi sistem

Penampil informasi sistem tidak selalu mengggunakan neofetch, screenfetch, pfetch, dsb. Di LangitKetujuh sudah terpasang fastfetch yang lebih ringan dan cepat. Tetapi jika ingin mendapatkan lebih detail lagi, pengguna dapat menggunakan inxi.

Fastfetch LangitKetujuh

Manajemen layanan runit dengan rsv

Pengaturan layanan dapat dilakukan dengan rsv yang sebelumnya menggunakan vsv. Perintah rsv lebih sederhana dari sv bawaan. Misalnya untuk mengaktifkan layanan dengan cara rsv enable namalayanan, memuat ulang layanan rsv restart namalayanan, dan sebagainya.

Lebih detail lagi, pengguna dapat merujuk ke halaman panduan manajemen runit init .

Driver printer dan unrar

Di komunitas kami sepakat bahwa beberapa perangkat lunak seperti driver khusus perlu dimasukkan. Apalagi dengan dukungan driver dan aplikasi tersebut memudahkan pengguna yang baru migrasi dari sistem operasi proprietary. Paket yang dimasukkan yaitu unrar sebagai pengekstrak berkas kompresi dari rar, cnijfilter2 sebagai driver printer canon (khusus x86_64 saja).

Kompresi xz ukuran iso lebih kecil

Kompresi iso yang sebelumnya gzip kembali menggunakan xz sehingga ukuran iso lebih kecil. Ukuran edisi home sebelumnya 3,1GB sekarang menjadi 2,6GB, edisi studio dari 5,1GB menjadi 4,6GB. Ini juga memperngaruhi jumlah bandwith yang digunakan agar lebih hemat sumber daya dan penyimpanan.

Linux kernel 6.0.10

Secara bawaan LangitKetujuh mengikuti kernel dari upstream void linux sehingga mengikuti pula dengan kernel linux yang terbaru. Hal ini memungkinkan untuk pengguna dengan perangkat keras tua tidak mendapat dukungan lagi. Tetapi pengguna masih dapat menggunakan kernel linux-lts dengan versi 5.x.

CMYK color convert

Pengonversi gambar profil rgb ke cmyk dapat dilakukan dengan ccc via konsole terminal emulator. Penggunaannya terbilang sangat mudah, pengguna hanya menjalankan ccc -i gambarrgb.png -o gambarcmyk.jpg. Secara bawaan ccc menggunakan profil warna dari ghostscript, tetapi juga mendukung profil warna lain dari krita dan scribus.

Selengkapnya, pengguna dapat merujuk ke halaman panduan ccc .

Arsitektur i686 dihapus

Arsitektur i686 atau yang disebut 32bit sudah ditiadakan karena beberapa aplikasi seperti blender3d sudah tidak mendukung. Apalagi produsen komputer sudah tidak membuat motherboard 32bit lagi.

Fonts awesome 4, 5, dan 6

Font awesome sudah terpasang semua versi dari versi 4,5 dan 6. Font tersebut sudah termasuk ikon kategori Free dan beberapa ikon Brands. Pengguna dapat menggunakannya untuk keperluan desain di inkscape ataupun untuk keperluan perkantoran dengan libreoffice.

Fonts noto cjk dihapus

Font noto-fonts-cjk (chinese, japanese, korean) dihapus dari iso edisi sekarang. Sebab hanya dijadikan font opsional saja. Terlebih lagi ukurannya yang lumayan besar.

Terima kasih

Kepada semua pengguna, pendukung, dan donatur yang telah mendukung projek LangitKetujuh hingga saat ini. Kami sebagai tim LangitKetujuh mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kontribusinya yang sudah diberikan.

Jika tertarik menggunakan edisi studio, Anda dapat merujuk ke halaman unduh pilih edisi studio. Namun jika sudah menggunakannya dan ingin mendapat iso terbaru silakan rekues ke halaman kirim ulang , kami akan mengirim ke email yang terdaftar.

Anda belum bergabung di komunitas LangitKetujuh (indonesia)? silakan bergabung di @langitketujuh_os melalui telegram dan kanal @langitketujuh_id .

Barakallahu fiikum.

Ahlan wa sahlan

Dialihkan ke layanan yang tersedia

Pesan Telegram
6282131146131
Pesan WhatsApp
6282131146131
Kami insyaAllah online pada jam: 07.00-20.00 WIB (GMT+7)
×
Butuh Bantuan?